Sunday, November 3, 2019

Inspirasi Desain Ruang Tamu Terbaik

Ada ungkapan yang selalu pas jika kita berbicara tentang rumah, yakni 'Rumahku, Istanaku'. Memang benar rasanya bahwa rumah merupakan istana bagi seluruh anggota keluarga. Tak peduli bagaimana bentuk dan luas rumah kita, rumah akan menjadi satu-satunya tempat untuk pulang meski kita tengah merantau ke tempat nun jauh di sana. Apalagi jika kita menata rumah dengan seting yang tepat, maka ungkapan 'Rumahku, Istanaku' akan benar-benar kita rasakan. Salah satu ruangan yang harus memiliki tatanan yang sempurna adalah ruang tamu, yang kadang juga digunakan sebagai ruang keluarga oleh beberapa pemilik rumah.


Ruang tamu merupakan tempat dimana para tamu akan berkunjung dan duduk. Jadi tidak ada salahnya untuk memperlakukan ruang tamu sedikit lebih baik dari ruang yang lain karena ini akan menjadi cerminan dari kondisi rumah kita. Bagi Anda yang sedang mencari desain yang pas untuk ruang tamu, berikut beberapa tema yang bisa menjadi inspirasi untuk mengubah tatanan ruang tamu!

Ruang Tamu Minimalis

Ini merupakan sebuah konsep yang sedang nge-trend akhir-akhir ini, terutama bagi mereka yang memiliki rumah yang tidak terlalu luas. Konsep rumah minimalis sendiri sangat sederhana, yakni menggunakan dekorasi simpel, terkonsep, dan memiliki kesesuaian warna. Konsep tersebut juga cocok untuk ruang tamu yang kecil. Anda hanya perlu melakukan mix and match terhadap ukuran dan warna furniture di ruang tamu.

Ruang Tamu Klasik

Siapa bilang di era modern seperti ini ruang tamu tidak boleh terlihat klasik? Justru gaya vintage atau klasik tersebut akan memberikan perspektif berbeda tentang ruang tamu Anda. Kunci utama untuk memiliki desain ruang tamu klasik ada pada pemilihan furniture. Pastikan Anda memilih furniture dengan gaya tempo dulu, lebih baik jika terbuat dari kayu jati alami ataupun rotan. Furniture tempo dulu akan terlihat sempurna jika dipadukan dengan warna pastel yang memberikan kesan hangat, nyaman, dan serasi.

Ruang Tamu Jawa 

Jika Anda ingin memiliki ruang tamu dengan konsep yang lebih klasik dan berorientasi pada detail, maka konsep ruang tamu etnik Jawa bisa dipilih untuk merombak tatanan ruang tamu. Apalagi konsep ini sangat simpel, Anda hanya butuh satu set kursi kayu dan sebuah meja bundar di ruang tamu. Untuk mempertebal nuansa etnik Jawa, Anda bisa menambah hiasan dinding berupa wayang kulit ataupun lukisan tradisional sebagai hiasan. Pilih jendela besar yang terbuat dari kayu agar interior dan konsep ruangan secara keseluruhan memiliki satu kesesuaian yang seirama.

Ruang Tamu Modern

Berbeda dengan konsep ruang tamu minimalis yang mengedepankan simplicity, konsep ruang tamu modern lebih bebas dan kaya akan hiasan. Bahkan jikalau bisa, setiap sudut ruangan terisi dengan aksesoris ataupun hiasan, seperti karpet, vas bunga, lukisan abstrak, meja pojok, lampu gantung, dan lain sebagainya. Konsep ruang modern juga mengedepankan kenyamanan sehingga penggunaan sofa dan bantal akan ditonjolkan untuk memberikan kesan nyaman. Pencahayaan juga menjadi kunci dari konsep ruang tamu modern karena tanpa pencahayaan yang pas, kesan modern dan elegan tidak bisa dirasakan saat malam hari.

Ruang Tamu Industrial

Satu lagi konsep ruang tamu dan desain interior yang sedang hype akhir-akhir ini, yakni tema industrial. Pada dasarnya konsep ini mengedepankan penataan ruang yang alami sehingga tetap memberikan nuansa yang luas. Bahkan jika perlu, bagian tembok dibiarkan terekspose sehingga kita bisa melihat susunan batu bata yang menjadi penyangga konstruksi bangunan. Selain itu, bagian langit-langit yang tinggi juga menjadi kunci kesuksesan adopsi tema industrial untuk ruang tamu. Gunakan lampu gantung besar untuk mengisi kekosongan antara lantai dan langit-langit rumah.

Ruang Tamu Terbuka

Konsep ini bukan membiarkan ruang tamu berada di luar ruangan, melainkan membuat ruang tamu menyatu dengan ruang lain, seperti ruang keluarga misalnya. Beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan sekat, namun jika Anda ingin sedikit privasi maka bisa menggunakan lemari atau rak buku sebagai pemisah antara ruang tamu dan ruang di sampingnya. Pada dasarnya konsep ini membiarkan ruang tamu terlihat lebih santai, natural, dan tidak kaku.

Ruang Tamu Retro Shabby Chic

Konsep ruang tamu khas negara-negara Britania Raya ini cukup populer belakangan ini. Tema shabby chic pun tak hanya diadopsi untuk ruang tamu saja, tetapi untuk ruang-ruang lain dan bahkan diadopsi sebagai keseluruhan desain interior. Penggunaan warna pastel, furniture yang minimalis, serta penataan yang rapi merupakan hal yang ditonjolkan dari konsep ini. Nuansa yang dirasakan pada ruang tamu akan terasa lebih hangat, santai, dan memberikan aura feminis berkat penggunaan warna pastel. Permainan warna juga menjadi kunci kesuksesan tema shabby chic sehingga Anda harus benar-benar memilih perpaduan warna yang pas agar tidak terlihat norak.

Ruang Tamu Skandinavian

Terakhir, ruang tamu Skandinavian juga mulai banyak diadopsi oleh pemilik rumah di Indonesia. Pada dasarnya konsep ini sangat sederhana, yakni menunjukkan sisi yang bersih, rapi, tanpa mengurangi nilai estetika itu sendiri. Warna monokrom juga mendominasi di hampir seluruh sudut ruangan meski beberapa furniture atau aksesori memiliki warna yang menonjol sebagai kontras. Penggunaan furniture khas Skandinavian juga akan mempertebal kesan dari konsep ini.

Demikian beberapa desain ruang tamu yang bisa dipilih sebagai referensi untuk mengganti layout atau seting ruangan Anda. Pastikan Anda memilih perpaduan yang tepat agar mampu menghasilkan konsep seperti yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment